PEMANFAATAN KARDUS BEKAS
Makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas
Workshop Matematika
Dosen pengampu: Defi, S.Pd
Oleh
:
ERMA SUSANTI
11115202303
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2013
PEKANBARU
2013
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Kami dapat menyelesaikan Makalah Media
Pembelajaran ini.
Sholawat beserta salam di hadiahkan untuk Nabi Besar Muhammad SAW., berkat
beliaulah kita di bimbing dari zaman kebodohan ke zaman yang serba canggih
seperti sekarang ini.
Ucapan terima kasih kami haturkan untuk dosen
pembimbing Defi S.Pd dan seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian penyusunan Makalah ini,
baik melalui pikiran maupun materi.
Kami juga sangat menyadari atas kekurangan
dari isi Penyusunan Makalah ini, maka dari itu Kami sangat mengharapkan dan menjadi suatu kehormatan bagi Kami atas
kritik dan saran dari pembaca supaya menjadi pedoman bagi Kami untuk
kedepannya, dan bermanfaat bagi semua yang membacanya.
Pekanbaru, Maret 2013
Penulis
Pekanbaru, Maret 2013
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Salah
satu aspek dalam pembelajaran adalah media pembelaran proses pembelajaran
merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media
pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen
sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses
pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara
optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran.
Untuk menciptakan suasan belajar yang aktif dan kreatif maka media perlu
memberikan anifas-anifasi dan kreasi yang berkembang didunia sekarang tidak
terbatas itu barang bagus dan berkualitas serta harganya maha tetapi juga
barang-barang yang berasal dari barang bekas
Untuk
itu dalam makalah ini akan dijelaskan salah satu pemanfaatan barang bekas
sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika.
B.
Rumusan
Masalah
Makalah ini berisi
penjelasan tentang pemanfaatan barang bekas yaitu kardus bekas yang
dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika
C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan
makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mandiri yang diberikan oleh dosen
pengampu Workshop Matematika dan bisa menambah pengetahuan bagi mahasiswa.
BAB II
PEMBAHASAN
Penggunaan
alat peraga memang bukan hal yang baru, tapi penggunaan barang bekas untuk
membuat alat peraga merupakan hal yang baru dan mempunyai banyak keuntungan.
Karena dibuat dengan menggunakan barang-barang yang sudah tidak di maanfaatkan
lagi, maka bahan-bahan yang digunakan mudah diperoleh dan biaya pembuatannya
pun jauh lebih murah. Selain itu, bahan yang mudah diperoleh dan biaya
pembuatan yang murah membuka peluang bagi setiap guru untuk bisa memiliki atau
membuat sendiri alat-alat peraga tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan
untuk para siswa untuk memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan
lagi, yang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat alat peraga yang berguna atau
dapat membantu proses pembelajaran didalam kelas.
Salah
satu pemanfaatan barang bekas disekitar kita yaitu seperti kardus bekas. Dengan
menggunakan kardus bekas kita dapat membuat beberapa media peraga yang berguna
untuk pembelajaran matematika.
A.
Pemanfaatan Kardus Bekas Untuk
Membuat Jaring-Jaring Balok dan Kubus.
1. Fungsi Kardus Bekas
Fungsi
alat ini adalah untuk membantu memudahkan siswa SD mengenal berbagai bentuk
jarring-jaring dari sebuah bangun ruang.
2.
Manfaat Kardus Bekas
a) Dengan menggunakan media ini, siswa
lebih mudah mengenal bentuk-bentuk bangun ruang serta jaring-jaringnya.
b) Membuat siswa lebih kreatif, dimana
mereka dapat membuat jarring-jaring baru yang dapat membentuk bangun ruang
tertentu.
3.
Pembuatan Media Peraga
a)
Alat dan Bahan
·
Kardus Bekas seperti : kardus indomie,
dan sebagainya
·
Gunting.
·
Kawat pengikat
b)
Langkah-langkah
·
Kardus dipotong sesuai dengan sisi-sisi
bangun ruang yang akan dibuat jaring-jaringnya .
·
Kemudian dilobangkan pinggir-pinggrir
setiap potongan kardus .
·
Sediakan potongan kawat-kawat pengikat
yang kecil .
· Bentuk jaring-jaring bangun ruang dengan
cara mengikat pinggir-pinggir sisi yang telah dilobangkan dengan menggunakan
kawat pengikat .
·
Bentuk jaring-jaring sesuai dengan
bangum ruang yang di inginkan.
· Apabila kita ingin membentuk jaring-jaring yang baru dari bangun ruang yang sama kita bisa membuka kawat pengikat pada jaring-jaaring yang telah kita buat untuk membuat jaring-jaring baru dari bangun ruang yang sama.
· Apabila kita ingin membentuk jaring-jaring yang baru dari bangun ruang yang sama kita bisa membuka kawat pengikat pada jaring-jaaring yang telah kita buat untuk membuat jaring-jaring baru dari bangun ruang yang sama.
Siswa
dapat melepas setiap kawat yang ada di pinggir jarring-jaring kubus dan
membentuk jarring-jaring yang baru yang dapat membentuk kubus. Dalam hal ini di
perlukan kelihaian siswa untuk merangkai jaring-jaring yang baru. Tanpa merusak
media yang di gunakan oleh para sisiwa.
B. Pemanfaatan Kardus Bekas Untuk
Membuat Puzzle Bangun Datar
1.
Fungsi
Fungsi alat ini adalah
untuk membantu memudahkan siswa SD (terutama anak-anak kelas 1 dan 2 ) mengenal
berbagai bentuk bangun datar beserta namanya. Selain itu siswa juga diajak
untuk dapat memanfaatkan barang bekas yang berada di sekitar kita.
2.
Manfaat
Anak didik akan menjadi
lebih paham karena ia mendapat contoh yang nyata mengenai bangun datar.Dengan
kata lain, mereka tidak menghayal lagi mengenai bagaimana bentuk
persegi(misalnya) tetapi dapat menunjuk secara langsung benda yang berbentuk
persegi.
3. Membuat Alat Peraga
a)
Alat dan Bahan
·
Gunting
·
Karton bekas
·
Penggaris
·
Lem
·
Pensil.
b)
Langkah-Langkah Pembuatan
· Gambarlah beberapa jenis bangun datar di
atas karton dengan menggunakan pensil dan penggaris seperti : persegi, persegi
panjang, segitiga, jajargenjang, trapesium, layang-layang,belah ketupat dan
lingkaran
·
Lalu gunting bangun datar tersebut
mengikuti pola yang telah dibuat
· Setelah digunting, pisahkan bidang datar
tersebut. Dan sisa karton yang bolong jangan dibuang tetapi di temple karton
lain dengan menggunakan lem.
·
Lalu berikan nama didalam pola yang
bolong tersebut sesuai dengan nama dan bentuknya.
·
Kemudian siap dimainkan, perintahkan
siswa untuk menyusun !
4.
Cara Menggunakan Alat Peraga
Siapkan terlebih dahulu
puzzle bangun datar yang terbuat dari karton bekas tsb, kemudian ajak siswa
anda secara begiliran untuk menyusun bagian puzzle yang masih hilang. Misalkan
siswa pertama memilih bangun persegi panjang maka ia akan mencari bangun yang
sama dengan bangun yang dia pegang,secara tidak langsung membantu siswa
mengingat nama dan bentuk bangun datar tersebut. Lakukan secara berulang sampai
siswa menjadi paham.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi, dapat disimpulkan
belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan media pembelajaran, sehingga
membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam belajar matematika.Oleh karena
itudiharapkan mampu menggunakan alat peraga yang konkret untuk memperjelas
materi matematika yang abstrak.
Namun,
tidak semua alat peraga tersebut harus mahal. Salah satunya dengan menggunakan
bahan-bahan atau alat-alat bekas yang ada disekitar kita yang mungkin dianggap
sudah tidak berguna lagi. Namun, dengan sedikit kreatifitas bisa menjadikan
bahan-bahan ataupun alat-alat tersebut bisa menjadi yang sangat berguna baik
sebagai barang untuk diri sendiri maupun untuk yang lainnya. Salah satunya
untuk media pembelajaran matematika. Seperti pemanfaatan kardus bekas yang
kemudian menjadi bentuk-bentuk jarring-jaring dari bangun ruang maupun berupa
puzzle untuk mengenal bangun datar.
B.
Saran
Gunakanlah
media pembelajaran sebagai salah satu penunjang kelancaran proses belajar,
tidak mesti harus mahal, tetapi dengan kreativitas kita bisa menciptakan apapun
menjadi media belajar. Salah satunya yaitu dengan pemanfaatan barang bekas ini.
Selain untuk penunjang pembelaran namun juga kita dapat mengajarkan kepada
siswa bagaimana memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitarnya.
REFERENSI
Ekamath91. http://ekamath91.wordpress.com/2012/01/29/karton-bekas-sebagai-media-belajar-matematika/, diakses tanggal 10 Maret 2013
Riko. http://riko-pirmansah.blogspot.com/2010/05/pemanfaatan-barang-bekas-sebagai-media.html, diakses tanggal 10 Maret 2013
Informasi yang bagus. guru kreatif manfaatkan barang bekas jadi media pembelajaran
BalasHapus