14 Mar 2013

PEMANFAATAN BARANG BEKAS



PEMANFAATAN KARDUS BEKAS
Makalah ini ditujukan untuk memenuhi tugas
Workshop Matematika 
Dosen pengampu: Defi, S.Pd

  
Oleh :
 

ERMA SUSANTI
11115202303
                                
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU 
2013



KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Kami dapat menyelesaikan Makalah Media Pembelajaran ini. Sholawat beserta salam di hadiahkan untuk Nabi Besar Muhammad SAW., berkat beliaulah kita di bimbing dari zaman kebodohan ke zaman yang serba canggih seperti sekarang ini.
Ucapan terima kasih kami haturkan untuk dosen pembimbing Defi S.Pd dan seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian penyusunan Makalah  ini, baik  melalui pikiran maupun materi.
Kami juga sangat menyadari atas kekurangan dari isi Penyusunan Makalah ini, maka dari itu Kami sangat mengharapkan  dan menjadi suatu kehormatan bagi Kami atas kritik dan saran dari pembaca supaya menjadi pedoman bagi Kami untuk kedepannya, dan bermanfaat bagi semua yang membacanya.

                                                                                     Pekanbaru, Maret 2013


                                                                                                    Penulis 




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar  Belakang
Salah satu aspek dalam pembelajaran adalah media pembelaran proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Untuk menciptakan suasan belajar yang aktif dan kreatif maka media perlu memberikan anifas-anifasi dan kreasi yang berkembang didunia sekarang tidak terbatas itu barang bagus dan berkualitas serta harganya maha tetapi juga barang-barang yang berasal dari barang bekas
Untuk itu dalam makalah ini akan dijelaskan salah satu pemanfaatan barang bekas sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika.

B.   Rumusan Masalah
Makalah ini berisi penjelasan tentang pemanfaatan barang bekas yaitu kardus bekas yang dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mandiri yang diberikan oleh dosen pengampu Workshop Matematika dan bisa menambah pengetahuan bagi mahasiswa.



BAB II

PEMBAHASAN

Penggunaan alat peraga memang bukan hal yang baru, tapi penggunaan barang bekas untuk membuat alat peraga merupakan hal yang baru dan mempunyai banyak keuntungan. Karena dibuat dengan menggunakan barang-barang yang sudah tidak di maanfaatkan lagi, maka bahan-bahan yang digunakan mudah diperoleh dan biaya pembuatannya pun jauh lebih murah. Selain itu, bahan yang mudah diperoleh dan biaya pembuatan yang murah membuka peluang bagi setiap guru untuk bisa memiliki atau membuat sendiri alat-alat peraga tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk para siswa untuk memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi, yang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat alat peraga yang berguna atau dapat membantu proses pembelajaran didalam kelas.
Salah satu pemanfaatan barang bekas disekitar kita yaitu seperti kardus bekas. Dengan menggunakan kardus bekas kita dapat membuat beberapa media peraga yang berguna untuk pembelajaran matematika.

A.     Pemanfaatan Kardus Bekas Untuk Membuat Jaring-Jaring Balok dan Kubus.

           1.      Fungsi Kardus Bekas
Fungsi alat ini adalah untuk membantu memudahkan siswa SD mengenal berbagai bentuk jarring-jaring dari sebuah bangun ruang.
           2.      Manfaat Kardus Bekas
a)  Dengan menggunakan media ini, siswa lebih mudah mengenal bentuk-bentuk bangun ruang serta jaring-jaringnya.
b)   Membuat siswa lebih kreatif, dimana mereka dapat membuat jarring-jaring baru yang dapat membentuk bangun ruang tertentu.

3.      Pembuatan Media Peraga
a)      Alat dan Bahan
·         Kardus Bekas seperti : kardus indomie, dan sebagainya
·         Gunting.
·         Kawat pengikat

b)      Langkah-langkah
·         Kardus dipotong sesuai dengan sisi-sisi bangun ruang yang akan dibuat jaring-jaringnya .
·         Kemudian dilobangkan pinggir-pinggrir setiap potongan kardus .
·         Sediakan potongan kawat-kawat pengikat yang kecil .
·  Bentuk jaring-jaring bangun ruang dengan cara mengikat pinggir-pinggir sisi yang telah dilobangkan dengan menggunakan kawat pengikat .
·         Bentuk jaring-jaring sesuai dengan bangum ruang yang di inginkan. 
·      Apabila kita ingin membentuk jaring-jaring yang baru dari bangun ruang yang sama kita bisa membuka  kawat pengikat pada jaring-jaaring yang telah kita buat untuk membuat jaring-jaring baru dari bangun ruang yang sama.
   Siswa dapat melepas setiap kawat yang ada di pinggir jarring-jaring kubus dan membentuk jarring-jaring yang baru yang dapat membentuk kubus. Dalam hal ini di perlukan kelihaian siswa untuk merangkai jaring-jaring yang baru. Tanpa merusak media yang di gunakan oleh para sisiwa.


B.     Pemanfaatan Kardus Bekas Untuk Membuat Puzzle Bangun Datar

1.      Fungsi
Fungsi alat ini adalah untuk membantu memudahkan siswa SD (terutama anak-anak kelas 1 dan 2 ) mengenal berbagai bentuk bangun datar beserta namanya. Selain itu siswa juga diajak untuk dapat memanfaatkan barang bekas yang berada di sekitar kita.
2.      Manfaat
Anak didik akan menjadi lebih paham karena ia mendapat contoh yang nyata mengenai bangun datar.Dengan kata lain, mereka tidak menghayal lagi mengenai bagaimana bentuk persegi(misalnya) tetapi dapat menunjuk secara langsung benda yang berbentuk persegi.

3.      Membuat Alat Peraga
a)      Alat dan Bahan
·         Gunting
·         Karton bekas
·         Penggaris
·         Lem
·         Pensil.

b)      Langkah-Langkah Pembuatan
·      Gambarlah beberapa jenis bangun datar di atas karton dengan menggunakan pensil dan penggaris seperti : persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, trapesium, layang-layang,belah ketupat dan lingkaran
·         Lalu gunting bangun datar tersebut mengikuti pola yang telah dibuat
·    Setelah digunting, pisahkan bidang datar tersebut. Dan sisa karton yang bolong jangan dibuang tetapi di temple karton lain dengan menggunakan lem.
·         Lalu berikan nama didalam pola yang bolong tersebut sesuai dengan nama dan bentuknya.
·         Kemudian siap dimainkan, perintahkan siswa untuk menyusun !

4.      Cara Menggunakan Alat Peraga
Siapkan terlebih dahulu puzzle bangun datar yang terbuat dari karton bekas tsb, kemudian ajak siswa anda secara begiliran untuk menyusun bagian puzzle yang masih hilang. Misalkan siswa pertama memilih bangun persegi panjang maka ia akan mencari bangun yang sama dengan bangun yang dia pegang,secara tidak langsung membantu siswa mengingat nama dan bentuk bangun datar tersebut. Lakukan secara berulang sampai siswa menjadi paham.



BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Jadi, dapat disimpulkan belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan media pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi lebih tertarik dalam belajar matematika.Oleh karena itudiharapkan mampu menggunakan alat peraga yang konkret untuk memperjelas materi matematika yang abstrak.
Namun, tidak semua alat peraga tersebut harus mahal. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan atau alat-alat bekas yang ada disekitar kita yang mungkin dianggap sudah tidak berguna lagi. Namun, dengan sedikit kreatifitas bisa menjadikan bahan-bahan ataupun alat-alat tersebut bisa menjadi yang sangat berguna baik sebagai barang untuk diri sendiri maupun untuk yang lainnya. Salah satunya untuk media pembelajaran matematika. Seperti pemanfaatan kardus bekas yang kemudian menjadi bentuk-bentuk jarring-jaring dari bangun ruang maupun berupa puzzle untuk mengenal bangun datar.

B.     Saran
Gunakanlah media pembelajaran sebagai salah satu penunjang kelancaran proses belajar, tidak mesti harus mahal, tetapi dengan kreativitas kita bisa menciptakan apapun menjadi media belajar. Salah satunya yaitu dengan pemanfaatan barang bekas ini. Selain untuk penunjang pembelaran namun juga kita dapat mengajarkan kepada siswa bagaimana memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitarnya.


REFERENSI
Ekamath91.  http://ekamath91.wordpress.com/2012/01/29/karton-bekas-sebagai-media-belajar-matematika/, diakses tanggal 10 Maret 2013
Riko. http://riko-pirmansah.blogspot.com/2010/05/pemanfaatan-barang-bekas-sebagai-media.html, diakses tanggal 10 Maret 2013
               

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar